• Tips Menghitung cepat Matematika

    Banyak orang beranggapan Matematika itu menyulitkan, padahal sadar tidak sadar mereka selalu menggunakan matematika sebagai jalan hidupnya. Pernahkah terbanyangkan oleh kita semua, bahwa matematika telah melekat dalam kehidupan kita pada khususnya. 
    Contoh kecilnya saja, kita memberikan Uang Saku kepada Anak untuk bersekolah, tentunya dengan perhitungan matematika, berapa yang harus diterima dan berapa besar Uang Saku yang akan kita berikan kepada Anak kita tersebut untuk biaya ke sekolah. Adapula yang menggunakan Matematika untuk Ujian Nasional, kenaikan pangkat, mendapatkan juara dan banyak lain halnya. 
    Masing-masing tujuan, berimplikasi kepada cara belajar matematika yang berbeda. Misalnya bila Anda belajar matematika untuk kepentingan lulus UN, SPMB, UMPTN akan berbeda dengan belajar untuk memenangkan olimpiade matematika.
    Untuk itulah banyak pakar matematika dalam mengelola bagaimana cara cepat dan mudah dalam melakukan perhitungan matematika, ada yang menggunakan sempoa, kalkulator, dan bahkan dengan lembar sebar (excel) yang terdapat pada komputer. 
    Seperti Halnya Ilustrasi Gambar diatas, bahsa hasil kali dari 97 x 96 = 9312. Pada Ilustrasi diatas, hasil perkalian dipisah jadi 93 dan 12 dimana faktor /100 yaitu angka 97 adalah angka dari 100-97 maka hasilnya 3 sedangkan 96 adalah angka dari 100-96 maka hasilnya 4, sedangkan hasil dari penjumlahan 3 + 4 = 7 dan terdapat kesamaan antara 93 12 yaitu angka 93 adalah 100-7 sehingga kita hanya butuh angka 3 dan 4 dimana menggunakan penjulahan dan perkalian yaitu 3 + 4 = 7 dan 3 x 4 = 12 dan menggunakan faktor /100 yaitu 100-7 = 93 dan 3 x 4 = 12, maka hasil akhirnya 9312.
     
    Yang terpenting, dalam menghadapi soal-soal matematika baik itu soal UN matematika ataupun SPMB yang berbentuk pilihan ganda jangan tidak dikerjakan. Sebab soal pilihan ganda memberikan alternatif cara penyelesaian yang sangat banyak asalkan kita mau menganalisis dan mengerjakannya.

    Akhirnya, selamat menempuh Ujian Nasional 2013 bagi adik-adik kelas XII. Jangan lupa berdoa dan memohon restu Ibu. Junjung tinggi kejujuran dan sportivitas.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    News

    New News
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Result !

    Labels

    Blogroll

    Search Another Blog


    Translator

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Video Of Day

    Pages

    Flickr Images

    Like us on Facebook

    Find Us OIn Facebook